Cara Mengatasi hama Keong Sawah

Cara Mengatasi hama Keong Sawah

Cara mengatasi hama keong sawah pada tanaman padi disawah bisa dibilang sangat susah. Memang sangat susah karena kawanan keong mempunyai jumlah yang sangat banyak sehingga tidak dapat dikendalikan.

Biasanya para petani akan mengasti hama keong sawah dengan beberapa cara seperti dengan menyemprotkan hama keong sawah dengan racun, atau memungutnya satu per satu dan kemudian memusnahkannya.

Sebenarnya masih ada banyak sekali cara lainnya yang bisa Anda coba untuk memusnahkan hama keong sawah. Adapun cara mengatasi hama keong sawah lainnya adalah sebagai berikut:

1. Membuat Pagar Plastik Pada Area Persemaian Benih

Hama keong sawah sangat menyukai daun tanaman padi muda, biasanya bibit tanaman padi yang baru disemain akan diserang oleh hama keong sawah ini. Maka dari itu, untuk pencegahan supaya bibit tanaman padi tidak dimakan hama keong sawah adalah dengan membuat pagar dari plastik dan kemudian memasangnya sampai dasar tanah.

2. Membuat Parit dipinggir atau Tepi Sawah

Hama keong sawah ini menyukai tempat yang basah serta tempat yang tergenang air. Untuk memudahkan dalam membasmi hama ini Anda bisa membuat parit tepat dipinggir atau disekitar petak sawah.

Hal ini betujuan agar hama keong sawah berkumpul banyak pada parit-parit yang sudah Anda buat tadi. Dengan demikian akan semakin mudah bagi Anda untuk mengambil dan memusnahkannya dengan pestisida.

3. Memanfaatkan Itik atau Bebek

Cara mengatasi hama keong sawah yang paling ampuh berikutnya adalah dengan melepaskan itik atau bebek di area persawahan. Namun cara yang satu ini hanya berlaku apabila tanaman padi  sudah cukup umur, paling tidak sudah kuat dan mempunyai banyak daun.

4. Menggunakan Pestisida

Apabila dengan cara-cara diatas masih belum dapat diatasi, maka cara terakhir yang bisa Anda lakukan adalah dengan menggunakan pestisida. Tetapi cara mengatasi hama keong sawah dengan pestisida ini harus sesuai dengan aturan petunjuk dan anjuran yang benar. Cara ini bisa dibilang merupakan cara yang paling ampuh jika dibandingkan dengan cara lainnya.

baca juga : https://www.agrobibittanaman.com/

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *