Jual Bibit Kopi Arabika Harga Murah

Jenis kopi arabika merupakan salah satu jenis tanaman kopi yang cukup populer dan banyak digunakan untuk sajian minuman ataupun bahan kecantikan.

Setidaknya sekarang ini terdapat kurang lebih 4 jenis kopi yang sudah diperdagangkan secara global dengan skala yang besar,yakni jenis arabika, robusta, liberika, dan excelsa. Yang mana lebih dari 99% bisnis perdagangan kopi dunia didominasi oleh jenis arabika dan robusta,untuk varian lain dominan dalam jumlah yang tidak signifikan yang mana hal tersebut terdiri dari jenis liberika dan excelsa.

Jual Bibit Kopi Arabika Harga Murah

Pada awalnya dahulu bangsa Arab memulai untuk mempopulerkan beberapa ekstrak biji kopi jenis arabika dengan sajian diseduh dengan air panas sebagai minuman penyegar dan juga sebagai tambahan stamina. Jenis Kopi arabika merupakan jenis kopi yang dihasilkan dari tanaman Coffea arabica,jenis  tanaman ini dipercaya berasal dari negara Etiopia,lalu kemudian dibawa oleh para pedagang dari bangsa Arab ke negara Yaman.

Lalu kemudian mereka berhasil membudidayakan tanaman kopi arabika tersebut di Asia lalu meluas hingga ke benua Amerika,maka sejak itu lah jenis kopi arabika ini menjadi sebuah komoditas yang sangat populer di seluruh dunia. Bahkan kopi arabika ini sempat menjadi sebuah komoditas kedua terbesar yang diperdagangkan secara setelah minyak bumi.

Tidak ada yang tahu persis kapan dan dimana jenis tanaman kopi arabika untuk pertama kali dibudidayakan. Namun,di beberapa literatur terkemuka telah menyetujui jika tanaman ini berasal dari Abyssinia, sebuah daerah di yang ada di benua  Afrika yang hingga kini mencakup ke negara seperti Ethiopia dan Eritrea.Lalu setelah Dari Abyssinia kopi arabika ini dibawa oleh bangsa Arab ke Yaman, dan kemudian meluas hingga ke berbagai benua seperti Eropa dan amerika yang secara legal menyebarkannya ke seluruh dunia.

Kopi arabika ini dijadikan sebagai minuman untuk pertama kali,dipopulerkan oleh bangsa Arab. Banyak literatur yang paling tua mengungkapkan tentang biji kopi arabika yang berasal dari catatan Al Razi,seorang ahli kedokteran yang sudah hidup di abad ke-9. dari situ dikatakan bahwa awalnya Orang-orang Eropa setelah mulai mengenal kopi dari para pedagang Arab pada abad ke-16.

Lalu kemudian komoditas tersebut diperdagangkan di pelabuhan Mocha, Yaman. Untuk sekian abad lamanya pedagang Arab memonopoli perdagangan biji kopi.

Sekitar tahun 1616 seorang warga negara asal Belanda berhasil membawa tanaman kopi arabika ke luar dari pelabuhan Mocha.Pada waktu itu terdapat dua macam  jenis kopi arabika yang dibawa orang-orang Eropa dari Yaman.

Pertama, jenis kultivar yang mana jenis ini sangat terkenal di pulau Jawa,lalu kemudian menyebar secara luas ke Asia Selatan dan juga di benua Amerika Tengah dikenal sebagai Typica.

Lalu yang berikutnya ialah jenis kultivar yang mana jenis ini dibawa ke negara Brasil lewat La Reunion kemudian sesudah itu dikenal sebagaiBourbon pada akhir abad ke-17.

Pada tahun sekitar 1878 hampir seluruh perkebunan kopi yang ada di wilayah Indonesia mengalami kerusakan karena wabah penyakit jenis karat daun atau dalam bahasa ilmiah disebut Hemileia vastatrix. Kemudian Belanda mengganti tanaman yang rusak dengan jenis liberika.

Setelah wabah tersebut terjadi hingga bertahun tahun,kemudian selang waktu 12 tahun tanaman kopi liberika ini juga mengalami hal sama yakni serangan penyakit dengan jenis hama karat daun, dan setelah melakukan beberapa penelitian yang terjadi pada tahun 1907 maka negara Belanda kembali mengganti jenis kopi liberika dengan jenis Arabika.

Jual Bibit Kopi Arabika Harga Murah

Cara Budidaya Bibit Kopi Arabika dengan Mudah

Cara menanam kopi terutama jenis arabika ini terbilang cukup mudah bisa dibilang juga cukup sulit. Namun apabila mengikuti panduan berikut ini maka kesulitan tersebut menjadi bukan masalah lagi. Berikut ini adalah cara untuk membudidayakan tanaman kopi dengan baik dan benar :

·  Persiapan lahan untuk penanaman tanaman kopi Arabika

Pohon kopi ini sangat cocok bila ditanam di daerah yang memiliki rata – rata ketinggian mencapai 60 mdpl. Namun alangkah lebih baik bila tidak melebihi ketinggian 800 mdpl karena di ketinggian ini tanaman kopi akan mulai mengalami perlambatan tumbuh dan berkembang. Apabila tanaman kopi ditanam di daerah yang memiliki ketinggian kurang dari 60 mdpl maka akan berpengaruh pada cita rasa biji kopinya.

Berikut adalah kriteria lahan yang sangat cocok untuk penanaman pohon kopi :

  • Lokasi lahan lebih baik dibuat agak teduh, pokoknya tidak terkena paparan sinar matahari selama lebih dari 6 jam.
  • Daerahnya beriklim tropis mengingat tanaman kopi ini merupakan tanaman tropis.
  • Memiliki kadar asam (pH) tanah sekitar 5,5 – 6,5.
  • Memiliki tanah yang sangat gembur dan cukup akan unsur hara.
  • Penanaman pohon peneduh bagi pohon kopi

Manfaat Tanaman Kopi Arabika Bagi Kesehatan

 1. Mencegah Penyakit Jantung

Tanaman Kopi jenis Arabika adalah salah satu jenis biji kopi yang banyak memiliki kandungan vitamin A serta mempunyai banyak kandungan senyawa polifenol yang cukup dominan,kandungan vitamin A pada tanaman Kopi Arabika ini dapat mencapai 40 persen untuk setiap 100 gram-nya. Persentase ini setidaknya telah memenuhi sebanyak 66% dari angka kebutuhan gizi harian yang disarankan untuk manusia dewasa.

Namun, ada hal begitu menarik lainnya terkait dengan kandungan vitamin C pada tanaman Kopi Arabika tersebut. Ternyata, vitamin C ini juga menghasilkan manfaat tersendiri khususnya pada tanaman Kopi jenis arabika,yakni menyehatkan organ jantung. Ya, penyakit jantung ini merupakan momok menakutkan bagi seluruh umat manusia. Khususnya bagi mereka yang sudah berusia setidaknya menginjak 30 tahun ke atas, oleh karena itu perlu adanya kewaspadaan dan juga memperhatikan pola makan keseharian,karena serangan jantung ini acap kali datang secara tiba-tiba dan tak di sangka-sangka.

2. Membersihkan dan Menjaga Fungsi Ginjal

Manfaat Kopi Arabika yang lain juga bisa anda rasakan,ketika anda sedang mengalami gangguan terutama pada fungsi ginjal. Hal semacam ini memang harus menjadi perhatian lebih,mengingat bahwa fungsi utama  hinjal adalah Sebagai tempat terjadinya proses detoksifikasi, maak organ pada ginjal pun harus selalu berada dalam kondisi prima dan bugar, atau kalau fungsi ginjal ini tidak stabil lagi,maka racun-racun yang ada di dalam tubuh akan menyebar dengan mudahnya dan bisa mengganggu jaringan tubuh lainnya.

3. Mengobati Morning Sickness Khusus Ibu Hamil

Morning sickness adalah gejala awam yang mana gejala semacam ini kerap sekali dialami oleh para ibu hamil berupa rasa pusing,mual, dan lemas. Maka,dengan rutin mengkonsumsi tanaman Kopi Arabika maka hal tersebut bisa menjadi salah satu solusi untuk meredakan gejala morning sickness secara berkala

Ya, ini dia manfaat Kopi Arabika untuk ibu hamil. Kandungan zat besi yang terdapat di dalam biji Kopi Arabika ini secara optimal mampu mengatasi rasa pusing, mual, dan letih yang acap kali dialami para ibu-ibu hamil, terutama pada waktu pagi hari. Zat besi yang ada di pada biji Kopi Arabika ini juga sangat berfungsi untuk meningkatkan kadar hemoglobin yang ada di dalam darah.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *